Jumat, 04 Februari 2011

Solusi Baru Penyembuhan Penyakit Lambung


Cara & Solusi Baru Penyembuhan Penyakit Lambung
 JaVa I inFo
Kita sudah sering dengar, ada banyak cara sederhana untuk membantu mengurangi maag. Salah satunya dengan permen karet. Penelitian soal permen karet ini sudah dilakukan oleh beberapa universitas besar di Inggris dan Amerika Serikat. Mereka melakukan beberapa kali riset tentang pemen karet ini.

Mengunyah permen karet dikatakan membantu mempercepat penyembuhan dan normalnya kembali fungsi saluran cerna setelah sebagian atau seluruh bagian kolon (usus besar) menjalani operasi.

Diyakini bahwa mengunyah permen karet merupakan tindakan yang mampu merangsang sistem pencernaan, memicu munculnya hormon gastrointestinal dan meningkatkan produksi ludah dan sekresi (pengeluaran) dari pankreas.

"Kesimpulannya, kami merasa bahwa bukti-bukti ini menunjukkan kalau kegiatan mengunyah permen karet usai operasi pada pencernaan memberikan manfaat yang berarti dalam mengurangi resolusi waktu usus mencerna. Bagaimanapun, penelitian ini belum memadai dan butuh penelitian lebih lanjut terutama untuk mengidentifikasi seberapa jauh efeknya terhadap kesembuhan," tulis para ilmuwan itu.

Sementara, penelitian lain di Amerika, mendukung riset yang dilakukan di Inggris. Meski tak saling berhubungan, tapi hasil akhirnya ternyata menjelaskan kegunaan permen karet tersebut. Dalam sebuah penelitian di Amerika, Philadelphia, air liur saat mengunyah, terutama permen yang memiliki sedikit kandungan gula, mampu menurunkan asam lambung. Ini dikarenakan pH air liur yang basa, itu sebabnya ia dapat menetralisir asam. Air liur yang bertambah juga bisa meningkatkan kebersihan lambung.

Jalan-jalan pagi dan mengunyah permen karet dikabarkan mampu menurunkan tingkat asam dalam lambung, paling tidak selama tiga jam. Paling tidak itu yang terjadi pada penelitian yang dilakukan pada 36 orang, terdiri dari 12 orang penderita penyakit maag yang disebabkan naiknya asam lambung ke kerongkongan, serta 24 orang normal .

Penelitian pendukung lainnya, dilakukan di Amerika juga. Hasilnya, meningkatnya air liur juga meningkatkan pembersihan lambung, lanjut Dr. Bennett Roth, seorang guru besar dan kepala sebuah klinik gastroenterologi David Geffen School of Medicine di University of California, Los Angeles, seperti dikutip MSNBC.com

"Manakala Anda menelan air liur, pada saat yang sama lambung akan dibersihkan dari segalanya, termasuk asam," . Bagi orang-orang yang sesekali terserang sakit maag, mengunyah permen karet setelah makan merupakan trik yang bagus untuk mencegah gangguan nyeri ulu hati datang dan pergi,.


Demikian sekilas info mengenai solusi penyembuhan Asam lambung dengan  mengunyah permen karet semoga bisa bermanfaat [ JaVa I inFo ]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar