Minggu, 02 Januari 2011

  Tips untuk Kulit Sehat dan Bercahaya

Perawatan_KulitKebanyakan dari kita peduli terhadap kesehatan kulit. Seringkali kita menginginkan kulit kita terlihat awet muda dan sehat, kita juga benar-benar melakukan sesuatu untuk melindungi kulit kita dari berbagai ancaman yang mungkin ada di lingkungan sekitar kita. Artikel berikut akan menjelaskan beberapa tips terbaik untuk mendapatkan kulit yang sehat.

Tips 1: Minum Air

Air telah dianggap sebagai perawatan alami paling efisien atau perawatan gratis bagi kulit berkondisi apapun karena air bersifat alkalis/basa, dengan pH 7,3. Air akan mencegah dehidrasi karena mampu membantu memproduksi sebum atau minyak dari kelenjar sebasea. Kulit anda membutuhkan air agar dapat bekerja sebaik mungkin, karenanya para dokter dan ahli nutrisi menyarankan sangat diperlukan asupan air harian sekitar 6 hingga 8 gelas setiap harinya.

Tips 2: Perhatikan makanan diet anda

Nutrisi juga memainkan peran penting bagi kesehatan kulit. Makanan-makanan tertentu seperti makanan-makanan asam dan produk-produk dari susu, telah dikatakan secara efektif menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang. Dan juga, salah satu topik debat yang luas dibicarakan di bidang nutrisi saat ini adalah coklat. Beberapa mengatakan coklat berefek pada kondisi kulit, sedangkan yang lainnya mengatakan tidak. Apapun hasil yang mungkin timbul, saran terbaik adalah lakukan saja diet bernutrisi yang di dalamnya terdapat beberapa buah-buahan dan sayuran hijau yang segar serta yang berserat.

Tips 3: Pertimbangkan penggunaan eksfoliant (produk untuk membantu pengelupasan kulit mati)

Para ahli mengatakan bahwa mengelupas kulit mati adalah cara lain yang bagus untuk mendapatkan kulit yang indah. Jadi, cobalah berinvestasi dengan menggunakan eksfoliant kulit tubuh atau yang biasa disebut "loofah", yang mampu menghilangkan sel-sel kulit mati dari tubuh anda. Ini perlu untuk dilakukan sekali atau dua kali seminggu agar kulit tidak tersumbat dan dapat bernapas. Lebih lanjut, eksfoliant membantu anda untuk menghalangi rambut yang tumbuh di lapisan bawah kulit. Meski begitu, sangat penting untuk menghindari penggunaan eksfoliant tubuh pada kulit wajah. Alasan utama bagi peringatan ini adalah jaringan kulit di wajah lebih baik dan lebih sensitif dibandingkan jaringan kulit di bagian tubuh lainnya.

Tips 4: Pertimbangkan sebuah rutinitas yang sehat bagi perawatan wajah

Ketika memperbincangkan tentang perawatan kulit wajah, melakukan rutinitas kesehatan dan kecantikan bukanlah suatu hal yang buruk. Saat ini kebanyakan dokter sangat menganjurkan anda membersihkan, melembabkan dan menyegarkan kulit anda dua kali sehari. Ketika membersihkan kulit, jangan pernah lupa untuk membersihkan area leher, termasuk wajah anda. Setelah itu gunakan pelembab atau krim leher. Sebelum pergi tidur saat malam hari, selalu ingat untuk membersihkan rias wajah. Bersihkan wajah anda sebelum tidur, tidak peduli seberapa ngantuknya anda. Telah diketahui bahwa ketika kita tidur, kulit akan melakukan proses pelepasan dan akan tidak dapat bernapas jika masih tertutupi oleh riasan wajah anda. Dan, anda mungkin akan menyadari bahwa jika tidur dengan rias wajah belum dibersihkan, maka akan menyebabkan timbulnya bintik hitam dengan "tiba-tiba". Mengenai bercukur pada pria, beberapa pria mungkin akan mengalami kemerahan akibat bercukur. Bagi sebagian pria, ini akan menurunkan kepercayaan dirinya, namun ini sebenarnya bukanlah masalah besar yang perlu dipikirkan. Ada banyak cara untuk menghindari kemerahan ini. Mungkin salah satu cara terbaik adalah ketika bercukur, pastikan gerakan pisau cukur mengikuti arah pertumbuhan rambut. Sederhana!

Tips 5: Rawatlah Kaki Anda

Ketika melakukan perawatan kulit, seringkali kaki dilupakan. Jadi, jika anda tidak memiliki waktu untuk pergi ke tempat perawatan pedicure profesional, cobalah untuk mengisi baskom atau bak dengan air hangat dan tambakan minyak esensial favorit anda. Rendam dan cucilah kaki anda sekitar 15 menit. Kemudian, keringkan dan gunakan penghilang kulit kasar pada kaki anda. Kemudian bilas dan keringkan dengan baik. Dan, jika anda mempertimbangkan untuk pedicure, tambahkan beberapa krim tubuh ke kaki anda untuk memudahkan dan mempercepat pedicure.

Tips 6: Hindarilah terlalu banyak terkena sinar matahari

Salah satu peringatan yang umum tentang perawatan kulit adalah menghindari terlalu banyak terkena sinar matahari. Seperti yang anda tahu, terlalu berlebihan terkena sinar matahari akan menyebabkan "sunburn" (kulit terlihat seperti terbakar karena sinar matahari). Jadi, ketika "tabir surya" yang ada saat ini menghalangi sinar UVB dan tetap membiarkan sinar UVA yang berbahaya, maka akan bijaksana jika tetap menutupi tubuh sebelum berjalan-jalan di bawah sinar "Apollo". Jika memungkinkan, gunakan topi dengan pinggiran yang lebar ketika merawat kebun anda untuk menghalangi sinar matahari dari wajah anda.

Tips 7: Olahraga

Selain mempertimbangkan diet yang sehat, olahraga juga akan membuat kulit anda tetap sehat. Perhatikan bahwa olahraga yang baik tidak hanya membuat tubuh anda tetap fit dengan cara memberikan banyak oksigen; olahraga juga akan meningkatkan kulit sehingga berkilau lebih baik.

Tips  8: Istirahat yang cukup

Salah satu masalah umum yang dihadapi manusia adalah stres; sesuatu yang tidak normal. Telah diketahui bahwa ketika seseorang mengalami stres, korteks adrenal akan merubah androgen-androgen adrenal menjadi hormon testosteron yang ada di pria dan wanita, yang kemudian mengakibatkan aktivitas berlebihan pada kelenjar sebasea. Androgen adrenal ini dikeluarkan dan menyebabkan jumlah testosteron menjadi dua kali lipat, yang menyebabkan wajah menjadi berminyak, sementara bagian tubuh lainnya tetap kering akibat dehidrasi. Jadi, beristirahat dengan baik yang mencangkup tidur nyenyak sekitar 6 hingga 8 jam merupakan cara terbaik untuk meremajakan kulit.
[ JaVa I inFo ]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar